Cara mengatasi hardisk internal laptop yang tidak terbaca

Cara mengatasi hardisk internal laptop yang tidak terbaca – Hardisk merupakan salah satu komponen pada komputer maupun laptop yang digunakan sebagai media penyimpanan data yang bersifat permanen atau selama data yang ada dihardisk tidak dihapus data akan tetap ada walaupun dalam keadaan off atau laptop tidak menyala.

hardisk internal laptop yang tidak terbaca

Yang namanya komponen elektronik pasti saja ada yang namanya masalah terutama pada hardisk laptop. Kebanyakaan kasus memang ada yang Bad sector, Hardisk bunyi, dan juga hardisk tidak terbaca. Itu semua pasti dialami oleh sebagian orang yang menggunakan laptop.

Maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan memberikan sedikit tips dan cara bagaimana mengatasi hardisk internal laptop yang tidak terbaca saat kita melakukan booting. Namun sebelum ke solusinya kita bahas masalah-masalah yang bisa menyebabkan hardisk kita tidak terbaca, diantaranya :

Hardisk tidak terpasang dengan baik

Hardisk laptop tidak terbaca biasanya disebabkan oleh slot hardisk yang kurang kencang. Hal ini disebabkan karena laptop sering terjadi goncangan pada saat kita membawanya. Sehingga lama-lama slot akan longgar dan hardisk akan terlepas pada slotnya.

Bad sector pada Hardisk

Hardisk yang mengalami bad sector bisa terjadi blue screen saat kita booting. Blue screen ini terjadi karena komponen hardisk mengalami kerusakan. Hal ini diakibatkan oleh penggunaan hardisk yang kurang baik seperti saat kita menyalakan laptop sering terjadi men-off secara paksa atau juga mencabut baterai pada saat laptop dalam keadaan menyala.

Driver hardisk yang tidak terinstal

Saat kita instal ulang otomatis driver akan terhapus. Dan ini bisa penyebab mengapa hardisk kita tidak terbaca. Tetapi sebenarnya sistem operasi yang kita instal itu, sudah memiliki driver bawaan yang otomatis akan terpasang. Namun hal ini bisa saja terjadi jika driver kita memerlukan driver yang terbaru untuk mengenali perangkat hardisk kita.

Cara mengatasi hardisk laptop tidak terbaca

Bersihkan slot dan cek pemasangan

Jika tidak terpasang dengan baik. Anda bisa mengeceknya dengan cara membuka casing laptop. Coba anda lepas hardisk dan pasangkan kembali. Namun jika masih saja tidak terdeteksi, anda bisa mencoba membersihkannya. Caranya anda cukup dengan menggunakan penghapus pada bagian kuningan slot hardisk. Kemungkinan hardisk anda kotor.

Ganti hardisk yang baru

Jika anda mengalami bad sector mau tidak mau anda harus membeli hardisk baru. Jika sudah terjadi bed sector anda harus menggati hardisk karena hardisk yang anda pakai sudah mencapai batas usia hardisk. Bad sector seringkali terjadi pada penggunaan kita yang kurang baik. Untuk itu hindari mematikan laptop secara paksa, dan juga jangan sampai hardisk anda mengalami guncangan pada saat laptop dinyalakan. Karena hardisk memiliki piringan yang berputar sehingga akan riskan bila terjadi guncangan.

Baca juga:

Instal driver

Sebenarnya masalah driver tidak terinstal itu jarang terjadi. Namun untuk antisipasi jika anda mengalaminya nada bisa instal driver-driver terbaru khsus untuk sistem operasi apa yang anda gunakan.

Cara mengatasi hardisk internal laptop yang tidak terbaca | Putrapantura.com | 4.5