Cara mengoptimalkan kinerja laptop supaya menjadi lebih cepat dan lancar

Cara mengoptimalkan kinerja laptop – Jika kamu merasa bahwa laptop kamu kurang cepat atau kurang responsif. Mungkin laptop kamu dengan mengerjakan suatu proses yang banyak. Apalagi bila spesifikasi laptop anda kurang memadai.

Sehingga apabila digunakan pekerjaan yang berat, seringk kali laptop menjadi kurang lancar. Biasanya ini di sebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena spesifikasi yang kurang, banyaknya aplikasi yang di Instal, dan juga mungkin laptop sudah harus diganti. hehe

Tapi, tunggu gulu !
Saya akan kasih solusi untuk laptop anda. Simak di bawah ini ya !

mengoptimalkan kinerja laptop

Cara mengoptimalkan kinerja laptop supaya menjadi lebih cepat dan lancar

1. Menambah kapasitas RAM dan Hardisk

Menembah RAM dan Hardisk adalah solusi utama jika laptop anda ingin menjadi lebih cepat. Namun untuk menambah kapasitas RAM dan Hardisk perlu biaya yang cukup mahal. Oleh sebab itu, beli lah RAM dan Hardisk di toko yang terpercaya untuk menjamin kualitasnya. Sehingga mempermudah kita untuk klaim garansi apabila ada masalah.

2. Gunakan AntiVirus Bawaan Windows

Windows sudah menyadiakan software antivirus yang khusus di buat oleh microsoft seperti windows essetials untuk windows 7 dan Windows defender untuk windows 8, 10. Menggunakan antivirus dapat membuat kinerja laptop kita semakin berat, karena antivirus selalu real time atau selalu dalam keadaan aktif ini lah yang menyebabkan kinerja ram berkurang. Sama seperti halnya windows starup.

3. Melakukan disk cleanup

File dalam reycle bin biasanya akan tersimpan di dalam file temporary. Untuk menghapus atau menghilangkannya bisa menggunakan Disk Cleanup. Aplikasi disk cleanup ini sudah ada lam windows. Jadi anda hanya tinggal menggunakannya saja.

Caranya :

  • Klik File Explorer
  • Pilih Drive yang ingin di clean, misalnya Local Disk (C:)
  • Klik kanan, kemudian pilih Properties
  • Lalu pilih Disk Cleanup

4. Melakukan Defrag pada Disk

Proses fragmentasi dapat membuat drive anda bekerja menjadi lebih berat, Sehingga hal tersebut dapat membuat performa laptop anda turun. Maka, saya sarankan gunakan tool Disk Defragmenter. Aplikasi ini sudah ada di dalam windows. Seperti halnya apliksi Disk Cleanup. Fungsi dari aplikasi ini adalah menyusun ulang data yang telah terfragmentasi.

Caranya:

  • Klik kanan pada Disk yang ingin di Defrag, misalnya Local Disk (D)
  • Pilih Properties, pilih tab Tools
  • Kemudian pilih Optimize

5. Mengatur aplikasi yang sedang berjalan di StartUp

Mengatur aplikasi pada StartUp dapat meminimalkan laptop anda dari masalah lelet atau hang. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan dapat memakan banyak kapasitas RAM, sehingga mengakibatkan laptop anda menjadi lemot. Untuk mengatur aplikasi pada StartUp ini kita bisa mengikuti langkah – langkah di bawah ini :

Caranya :

  • Klik kanan pada Task Bar atau juga dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Del
  • Maka akan tampil jendela Task Manager
  • Kemudian anda pilih Tab StartUp,
  • Pilih apliksi yang tidak anda pakai, kemudian Disable

 

6. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Aplikasi yang tidak terpakai dapat membuat kapasitas penyimpanan semakin penuh. Penuhnya kapasitas penyimpanan dapat mempengaruhi kinerja laptop. Untuk itu, disarankan pergunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan anda. Namun, hal ini tidak masalah jika penyimpanan anda cukup besar

Baca Juga :

Demikianlah ulasan mengenai Cara mengoptimalkan kinerja laptop. Semoga laptop anda bisa menjadi lebih cepat dan lancar. Terima kasih.

Cara mengoptimalkan kinerja laptop supaya menjadi lebih cepat dan lancar | Putrapantura.com | 4.5