Pilih DVB -T2 atau DVB-S2 pada televisi ?

By | 23 Maret 2020

Pilih DVB -T2 atau DVB-S2 pada televisi ? – Sebelum membeli Televisi pastikan teman-teman sudah memilih dan mempertimbangkan antena atau receiver yang akan digunakan.Karena ini penting sekali supaya teman-teman tidak salah dalam membeli.

Untuk Televisi lama kita perlu membeli STB externel untuk bisa menggunakan saluran digital. Namun jika teman-teman sudah memiliki televisi baru dan support DVB-T2 maka teman -teman bisa menggunakan saluran TV digital tanpa perlu membeli STB external. Berikut ini saya akan jelaskan perbedaan antara DVB-T2 dan DVB-S2 :

  • DVB-T2 

DVB – T2 merupakan singkatan dari Digital Video BroadcastingTerrestrial versi 2 pada saluran ini kita bisa menggunakan saluran digital secara gratis hanya dengan menggunakan antena Tv biasa.

Pada dasarnya saluran Televisi kita itu di siarkan melalui siaran analog. Tetapi baru-baru ini pemerintah untuk menyarankan siaran televisi pada saluran digital. Namun, pada kenyataannya tidak semua saluran chanel itu sudah support saluran digital, karena hanya beberapa chanel saya yang sudah support saluran digital.

Untuk kota – kota besar seperti Jabodetabek saluran digital mungkin sudah banyak yang tercover. Tetapi beda jika kita berada di pedalaman dan kota-kota kecil, maka saluran akan sedikit bahkan tidak mendapatkan saluran digital sama sekali.

Contohnya saya yang berlokasi di Ciasem, Subang – Jawa Barat. Chanel digital yang saya tangkap cuma 4 chanel digital itu semua TVRI. Karena antena yang saya gunakan antena biasa outdoor dan Tv yang saya gunakan sudah support DVB-T2. Dan mungkin karena lokasi saya jauh dari kota besar sehingga chanel digital gratis cuma bisa 4 chanel saya yang tertangkap.

  • DVB-S2

DVB-S2 merupakan singkatan dari Digital Video Broadcasting – Satellite versi 2 pada saluran digital ini kita bisa mendapatkan beam (sinyal satelit) walaupun kita berada di wilayah plosok. Kelebisah DVB-S2 ini adalah kita akan mendapatkan saluran chanel dengan kualitan HD. Namun antena yang kita gunakan adalah antena satelit atau antena parabola. Chanel-chanel yang di dapat pun akan lebih banyak bahkan chanel luar negeri pun bisa kita tangkap.

Namun, satu kekurangan dari DVB-S2 ini adalah kita harus membayar alias tidak gratis untuk menikmati layanan saluran digitalnya. Tetapi jangan khawatir ada beberapa chanel gratis dari DVB-S2 ini. Diantaranya kita hanya perlu mengarahkan parabola ke satelit Palapa dan Telkom-1 karena dua itu pasti ada chanel gratis. Terlebih lagi untuk membeli antena parabola tidak lah murah seperti antena biasa.

Tetapi dengan kelebihan yang di tawarkan dari siaran DVB-S2 tentu akan lebih banyak chanel digital yang ditangkap.

Karena sampai saat ini saluran digital pada DVB-T2 masih ada polemik dimana stasiun swasta belum bisa menyiarkan saluran digital secara gratis. Karena mereka sendiri memiliki produk atau brand siaran digital yang berbayar. Sehingga mungkin akan lama bila kita menunggu apabila chanel lokal kita pindah seluruhnya ke saluran Digital.

Oke baik itu saja yang bisa saya bahas pada artikel kali ini semoga bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *