Penjelasan lengkap sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang

Sejarah perkembangan komputer sebelum tahun 1940

  • Abacus / Sempoa
Abacus atau sempoa

Abacus / Sempoa

Abacus atau sempoa adalah alat kuno yang digunakan untuk operasi artimatika seperti perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan dan juga perhitungan akar kuadrat yang terbuat dari bahan kayu dangan sederetan poros yang berisi manik – manik yang bisa di geser. Abacus ini sudah ada sejak 5.000 tahun lalu di Cina. Walaupun alat ini sudah sangat tua tetapi dibeberapa negara alat ini masih digunakan hingga saat ini.

  • Kalkulator roda numerik 1
Kalkulator Roda Numerik 1

Kalkulator Roda Numerik 1

Pada tahun 1642, kalkulator roda numerik 1 muncul 12 abad setelah adanya abacus dari Cina. Penemu dari kalkulator alat ini adalah Blaise Pascal (1623-1662) yang pada saat itu berusia 18 tahun. Ide membuat alat ini bermula untuk membantu ayahnya yang melakukan perhitungan pajak.

Blaise Pascal

Blaise Pascal

Kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) ini merupakan alat perhitungan berbasis sepuluh. Kotak persegi yang berwana kuning ini dinamakan Pascaline, yang menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Kelemahan dari alat ini adalah hanya terbatas untuk operasi penjumlahan saja.

  • Kalkulator roda numerik 2
kalkulator roda numerik 2

kalkulator roda numerik 2

Pada tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf asal Jerman, yang bernama Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) telah memperbaiki dan memperbaharui Pascaline, sehingga yang tadinya alat Blaise pascal hanya bisa digunakan untuk penjumlahan kini Kalkulator roda numerik bisa digunakan untuk operasi perkalian. Sama seperti pendahulunya alat ini sama-sama bekerja dengan menggunakan roda-roda bergerigi. Dengan mempelajari dari penemuan Blaise pascal, kini Gottfred Wilhem von Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

Gottfried Wilhelm von Leibniz

Gottfred Wilhem von Leibniz

  • Kalkulator Mekanik / Arithometer
arithometer

arithometer

Pada tahun 1820, kalkulator makanik mulai populer. Kemudian Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan alat yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar seperti perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan.

Charles Xavier Thomas de Colmar

Charles Xavier Thomas de Colmar

Dengan penemuannya ini, arithimeter banyak dipergunakan pada masa Perang Dunia I. Dengan ide awal dari Pascal dan Leibniz, Colmar membantu menciptakan era komputasi mekanikal.

Perkembangan komputer dari generasi pertama sampai saat ini

  • Komputer generasi pertama (1940-1959)
sejarah perkembangan komputer

Komputer generasi pertama (1940-1959)

ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computeradalah merupakan komputer generasi pertama yang sepenuhnya menggunakan komponen elektonika. Komputer ini didesain untuk Turing-Complete yakni dimana komputer dapat diprogram ulang. Komputer ini dibuat dengan tujuan agar dapat menyelesaikan segala macam jenis perhitungan.

Komputer ini menggunakan tabung vakum sebagai alat untuk memproses dan menyimpan data. Kelemahan dari komputer ini adalah alat ini capat panas dan mudah terbakar. Selain itu komputer ini memerlukan daya yang cukup besar untuk menyalakannya. Karena memang alat ini menggunakan beribu-ribu tabung vakum yang diperlukan untuk menjalankannya. Maka tidak heran alat ini dapat menggagu kawasan sekitarnya. Namun, dengan adanya komputer generasi pertama ini penyelesaian masalah perhitungan dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

  • Komputer generasi kedua (1959-1964)

komputer generasi kedua

Pada tahun 1948, ditemukannya transistor. Sehingga penemuan ini mempengaruhi perkembangan komputer. Dimana transistor menggantikan tabung vakum di komputer, televisi, dan radio. Akibatnya perubahan besar terjadi dimana ukuran mesin-mesin elektronik berkurang drastis.Transisor mulai digunakan pada komputer pada tahun 1956. Selain itu ada penemuan lain seperti pengembangan memori inti-magnetik yang membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih cepat, lebih kecil, lebih diandalkan dan juga lebih hemat energi bila dibandingkan dengan pendahulunya.

Mesin pertama yang menggunaan tekologi ini adalah IBM. Dimana IBM membuat suatu superkomputer yang bernama Stretch dan Sprey-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini dikembangkan untuk laboratorium enegi atom yang dapat menangani data dalam jumlah besar. Komputer ini sangat mahal dan terlalu kompleks jika diperuntukan untuk kebutuhan bisnis. Sehingga hanya ada dua komputer yang pernah dipasang dan digunakan. Pertama di Lawrence Radiation Labs di Levermore, California dan Kedua di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Pada komputer generasi kedua merupakan awal dimana bahasa mesin digantikan dengan bahasa Assembly. Bahasa Assembly merupakan bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode Biner. Kemudian pada tahun 1960-an, komputer generasi kedua mulai banyak digunakan dibidang bisnis, universitas dan pemerintahan.Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor dan dapat diasosiasikan dengan perangkat lain seperti : Printer, Disket, Sistem operasi, memory dan Program.

  • Komputer generasi ketiga (1965- 1980-an)
komputer generasi ketiga

komputer generasi ketiga

Kita tahu bahwa teknologi transistor lebih unggul bila dibandingkan dengan tabung vakum. Namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar sehingga bisa berpotensi merusak komponen-komponen internal komputer. Kemudian pada tahun 1958 seorang insinyur di Texas Instrument yang bernama Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : Integrated circuit) dengan menggunakan Batu Kuarsa (quartz rock) sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan transistor.

jack kilby

Jack kilby

Dengan penemuan ini para ilmuan berhasil mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam satu buah piringan silikon dengan ukuran sangat kecil yang terbuat dari pasir Batu Kuarsa. Sehingga banyak komponen-komponen yang berhasil dimasukan dalam satu chip tunggal yang disebut Semikonduktor.

Dengan kemajuan komputer generasi ketiga ini ukuran yang semula besar kini semakin kecil. Selain itu pada komputer generasi ketiga ini adalah komputer dapat menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan pada sistem operasi.

  • Komputer generasi keempat 

Setelah penerapan teknologi IC pada komputer kemudian pada tahun 1980-an muncul pemanfaatan teknologi LSI, VLSI, dan ULSI. LSI (Large Scale Integration) teknologi untuk mengecilkan ukuran sirkuit untuk dapat memuat ratusan komponen didalamnya. VLSI (Very Large Scale Integration) memuat komponen hingga ribuan dalam satu chip tunggal. ULSI (Ultra-Large Scale Integration) memuat komponen hingga jutaan dalam satu chip.

Dengan kemampuan memuat banyak komponen yang dipasang pada satu chip sebesar uang logam harga komputer dan ukuranpun semakin turun. Pada komputer generasi keempat ini kinerja, efisiensi, dan keandalan komputer semakin tinggi.

Kemudian pada tahun 1981, IBM mengeluaran produk pertama yang diperuntukan khusus pengguna personal (PC). Selain IBM Apple Macintosh pun tidak mau kalah. Dimana kedua perusaan ini bersaing untuk merebutkan pasar komputer yang ada didunia.

Pada masa ini lah kita mengenal yang namanya komputer Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Dan pada masa ini lah pemanfaatan jaringan digunakan dalam komputer seperti LAN (Local Area Network). Dan evolusi lainya adalah berubahnya ukuran komputer desktop menjadi laptop.

  • Komputer generasi kelima

komputer generasi kelima merupakan awal kemajuan dua teknologi terutama pemrosesan paralel yang akan menggantikan model NonNeumann. Model non Neuman akan digantikan oleh sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU secara bersamaan.

Jepang merupakan negara yang dikenal dalam sosialisasi proyek komputer generasi kelima. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain yang mengabarkan bahwa proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru dari paradigma komputerisasi di dunia.

Penjelasan lengkap sejarah perkembangan komputer dari awal sampai sekarang | Putrapantura.com | 4.5